Rabu, 16 Juni 2010

Curug Sidomba, Tempat Wisata Baru di Kuningan, Jawa Barat

Lebaran. Waktunya liburan yang biasanya lebih lama. Rata-rata lamanya seminggu. Paling asyik jalan-jalan ke tempat wisata bersama keluarga, teman-teman di kampung, atau bersama saudara-saudara lainnya. Seperti yang Aku lakukan minggu kemarin. Aku dan teman-teman di kampung melakukan touring / jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana. Di sana ada satu tempat wisata alam namanya curug SIDOMBA.


Dengan areal wisata yang cukup luas, ada banyak bagian yang bisa dikunjungi. Diantaranya curug SIDOMBA, area outbond anak, flying fox, kolam renang, berbagai koleksi hewan (domba, monyet, dan beberapa jenis burung). Untuk anda yang tidak membawa bekal jangan khawatir karena di sana disediakan kafetaria yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Ada juga stand-stand yang menjual minuman dan makanan kecil (snack). Tapi, lebih baik lagi jika Anda bawa sendiri makanan, biar lebih hemat.hehehe.. Masjid juga menjadi salah satu fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut. Masjid dengan dua lantai dan satu menara ini cukup luas dan mempunyai banyak tempat wudlu sehingga bagi anda umat muslim tidak perlu lama mengantri untuk wudlu dan sholat meskipun pengunjung sedang ramai.

Banyaknya ayunan dan tempat duduk bisa menjadi sarana untuk melepas lelah setelah berjalan-jalan mengelilingi area wisata curug SIDOMBA. Meskipun udara sedang panas, pengelola tempat wisata SIDOMBA menyediakan tempat-tempat khusus untuk beristirahat.

Namun ada satu mungkin yang bisa membuat pengunjung kecewa ketika membaca kata “Curug“-nya, kenapa? Karena curug yang ada di objek wisata SIDOMBA ini tidak begitu besar/tinggi. Mungkin sengaja curug ini dibuat hanya untuk menarik perhatian para calon pengunjung. Dan juga menurutku, yang aku lihat kemarin itu, di dalam area wisata SIDOMBA ini belum diperbolehkan pedagang-pedagang sekelas kaki lima atau asongan, soalnya Aku nggak menemukan pedagang gorengan yang tanggungan, pedagang asongan air mineral ataupun rokok, atau pun pedagang mainan anak-anak. Beda dengan ketika tahun kemarin touring ke Linggar Jati, yang banyak sekali pedagang-pedagang kaki lima dan asongan di dalam area wisata Linggar Jati yang lokasinya hanya beberapa kilometer saja dari objek wisata SIDOMBA.

Sumber:
http://iwansusanto.com/curug-sidomba-tempat-wisata-keluarga-di-kuningan-jawa-barat.htm
17 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar