Rabu, 16 Juni 2010

Gadung Flora Identitas Kabupaten Kuningan


Gadung merupakan tumbuhan asli Indonesia. Jenis tumbuhan ini mempunyai daerah persebaran yang cukup luas mulai dari India, Cina bagian selatan, Asia Tenggara sampai Niugini. Gadung jarang ditanam namun kebanyakan tumbuh dan berkembang biak secara alami.

GADUNG (Dioscorea hispida Dennst.)
Nama lain : Sikepa, ondo
Suku : Dioscoreaceae


Latar Belakang
Gadung merupakan tumbuhan asli Indonesia. Jenis tumbuhan ini mempunyai daerah persebaran yang cukup luas mulai dari India, Cina bagian selatan, Asia Tenggara sampai Niugini. Gadung jarang ditanam namun kebanyakan tumbuh dan berkembang biak secara alami. Umbi Gadung cukup enak dimakan namun harus melalui proses untuk menghilangkan racun “dioscorin” yang terdapat dalam umbinya. Caranya dengan memotong atau mengiris umbi menjadi bagian yang kecil-kecil, dicuci, dididihkan dengan air garam kemudian dicuci dengan air mengalir. Umbi Gadung bisa dimasak dan dijadikan keripik. Kadang-kadang racun pada umbi Gadung dimanfaatkan untuk meracuni binatang atau ikan. Dalam musim paceklik (keku-rangan pangan) maka umbi Gadung dapat diman-faatkan sebagai makanan alternatif.
Dari uraian diatas maka pemerintah daerah Kabupaten Kuningan memilih tanaman Gadung sebagai flora identitas daerahnya. Ber-dasarkan SK Bupati Kuningan No. 522.21/1278-LH/2000 tanggal 23 Oktober 2000.

Pertelaan
Herba merambat dan berumbi. Umbi bulat memanjang, kuning pucat sampai abu-abu terang, bagian dalam putih sampai kuning. Batang merambat dan berkelok kekiri serta berduri. Daun beranak daun 3, berbulu, anak daun yang ditengah melonjong sampai jorong, anak daun di bagian samping tidak simetris. Perbungaan jantan membulir, 2 – 3 karangan bunga, benang sari 6. Perbungaan betina soliter, mun-cul pada ketiak daun bagian atas, merunduk. Buah kapsul berkayu, bersayap 3 dan pecah. Biji bersayap.

Ekologi
Gadung umumnya tumbuh di daerah hutan hujan tropis dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 m di atas permukaan laut.

Pembudidayaan
Gadung jarang ditanam namun biasanya tumbuh secara alami. Per-banyakan tanaman biasanya dengan umbi.

Musim berbunga dan berbuah
Musim berbunga dan berbuahnya belum diketahui.


Sumber:
http://clearinghouse.bplhdjabar.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=180%3Agadung-flora-identitas-kabupaten-kuningan&catid=82%3Aidentitas-flora&Itemid=199&lang=id
17 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar